Ada Hal Yang Mengejutkan Saat Mengobrol Dengan Stefano Covino

Sepuluh hari yang lalu Saya diminta datang ke Planetarium Jakarta untuk technical meeting AstroParty 2009 oleh HAAJ. Hadir waktu itu adalah Stefano Covino pembicara tamu, astronom Itali yang bekerja di Observatorium Brera, Milan. Covino datang bersama istrinya dan pimpinan Istituto Italiano di Cultura.

Di sela-sela technical meeting, Saya berkesempatan mengobrol masalah Gamma-Ray Burst dengan Covino. Ada hal mengejutkan, selain mengetahui bahwa orang utara Italia tidak banyak bergerak dan lebih terstruktur ketika berbicara dibandingkan dengan orang selatan Italia.

Ilustrasi obrolan Saya tuliskan di bawah. Bahasanya Saya buat tidak formal. Bukan untuk melecehkan Covino, melainkan untuk menggambarkan suasana rileks obrolan.

Anton (A): Oy Covino, gw denger lo meneliti Gamma-Ray Burst. Bener?
Covino (C): Iye.. gw ini peneliti Gamma-Ray Burst. Lo tau ndiri, bintang itu berevolusi kayak manusia. Evolusi bintang ini bergantung massa bintang. Bintang dengan massa kira-kira sama dengan Matahari tu bakal berakhir sebagai bintang katai putih. Jika massa bintang lebih besar dari massa Matahari maka di akhir kehidupannya si bintang bakal meledak jadi supernova sisanya jadi bintang neutron atau lubang hitam.

A: Nah lo tau khan satu bulan yang lalu ada yang nemu Gamma-Ray Burst paling jauh. Gimana menurut lo?
C: Ho oh. Lo lo pada harus tau, jarak benda langit itu bisa dihitung dari pergeseran garis spektrum cahayanya. Ya ini agak susah buat dijelasin. Intinya benda jauh di alam semesta punya pergeseran merah. Benda yang lo maksud itu adalah GRB 260409 punya pergeseran merah sangat tinggi sehingga menjadi objek paling jauh di alam semesta yang pernah diamati manusia. Dalam astronomi kita sebut bendanya memiliki pergeseran merah, z ~ 8.2. Itu artinya setara dengan alam semesta berusia 600 juta tahun.

A: Wah mantap bener!
C: Yoa. Dan asal lo tau aja, yang nemuin benda paling jauh itu tim gw.

A: Wek... Beneran?
C: Ya elah... bener lah...

A: Buseeet.. gw amazed banget. Suer! Lo kerja di manenya cuy?
C: Itu kolaborasi dari banyak astronom. Gw sendiri koordinator tim tersebut.

A: Gile lo, cuy. Kaga nyangka gw.
C: Jangankan elo. Tim gw juga kaga nyangka bakal dapet objek paling jauh ini. Awalnya kita sih biasa aja, maklum kita udah biasa ngamat objek kayak begini. Eh, begitu selesai ngamat dan kita olah datanya, kita dapet pergeseran merah 8.2. Beruntung banget kita.

A: Trus..
C: Ada dua tim yang berkompetisi, kita tim pertama yang ngedapetin jarak objek ini. Tim lain lewat dah...

A: Emang lo pake teleskop apaan?
C: Kita pake teleskop namanya REM, lokasinya di Gunung Paranal, Cile. Lo tau sendiri, sekarang orang berlomba-lomba buat dapetin tempat pengamatan ideal. Salah satu tempat pengamtan yang ideal itu misanya.. Ya, kalau pengetahuan geografi lo cukup bagus, ada tempat di sekitaran Spanyol sono yang bagus. Di Samudra Atlantik.. eeehmm..

A: Maksud lo Pulau Canary?
C: Iye, kok tau?

A: Ya elah itu mah kita juga tau... Lanjut deh, tim lo dapet data komposisi kimia objek ini ga?
C: Kita dapet spektrumnya. Buat ngukur jarak sih datanya bisa dipake, tapi buat ngitung komposisi kimia data kita kaga cukup. Ini objek, energinya yang sampai ke detektor biasa aja besarnya. Maklum aja, jaraknya jauh banget. Jadi kita ngga punya cukup waktu buat ngumpulin data spektrum yang bisa dipakai buat mengetahui komposisi kimia.

A: Sayang banget yak...
C: Ya, lain kali harus lebih baik. Ganbatte!

A: Ada yang unik dari profil Gamma-Ray Burst yang satu ini?
C: Ada! Kalau hasil penyelidikan kita terhadap energinya kemungkinan bintang ini berasal dari collapsar yaitu keruntuhan bintang bermassa besar. Setelah memperhitungkan efek relativistik, durasi semburannya ga sampai 2 detik, boy. Jadi dari segi durasi harusnya Gamma-Ray Burst ini tipe tabrakan objek massif. Kita terus terang aja bingung.

A: Mungkin ga, Gamma-Ray Burst yang lo temuin ini adalah tipe baru? Biasanya khan cuma ada 2 tipe: short-hard-burst dan long-soft-burst.
C: Hemm bisa jadi, tapi kita tinggalin ini buat diskusi aja karena bidang ini masih baru jadi kita masih meraba-raba penjelasannya.

A: Kapan papernya turun cetak?
C: Ya tergantung penerbitnya. Kita sih udah submit papernya, jadi tinggal nunggu peer review aja.

A: Indonesia tu punya teleskop-teleskop optik portabel. Mungkin ga dengan teleskop kek gitu kita bikin penelitian Gamma-Ray Burst?
C: Mungkin banget. Lo bayangin aja, setahun yang liwat ada tim yang berhasil mengamati cahaya tampak dari Gamma-Ray Burst, magnitudo visualnya sekitar 5. Jadi lo bisa pake teleskopnya buat ngamat afterglow pada rezim optik.

A: Oh projek itu, gw tau, Itu khan projek Pi on the Sky khan?
C: Iya, kok tau? FYI, orang-orang projek Pi on the Sky itu kenalan gw semua. Tim gw pernah kerjasama intensif dengan mereka. Jadi kalau lo mau, lo bisa kontak2an sama mereka.

A: Ya, menarik, menarik... BTW lo khan orang Itali, biasanya khan suka bola, seneng klub apaan? Milan, ye?
C: Kaga lah, gw seneng Juventus

A: Beuh.. gw juga juventini cuy, sama kita.
C: Lhaa?

A: Trus tiap taun lo di Milan nonton Juve dong?
C: O iya, tiap tahun selalu rusuh tuh kalau ada Juve sama Milan.

Comments

edwards said…
Hmm, jagoan juga ya -_-
ismansyah said…
Akh..tak kira..serius2 ujung2nya Juventini juga :(
Anonymous said…
waa... keren nton.
Btw, tu Bule bisa bahasa gaul, gara2 habis nemu kali y... ^^

Popular Posts