Bagaimana Cara Memindahkan Gunung Fuji?

Judul di atas adalah salah satu pertanyaan yang diajukan oleh Microsoft kepada kandidat pekerjanya. Microsoft terkenal sering memberikan pertanyaan yang nyeleneh dalam setiap wawancara kerja (terutama untuk lowongan jenis tertentu yang spesifik). Kreativitas dan kemampuan seseorang untuk bisa keluar dari tekanan adalah hal yang ingin diukur. Sulit rasanya untuk mengetahui pribadi terdalam seorang calon pekerja jika hanya berbekal sehelai transkrip yang dikeluarkan universitas. Dalam tiga hingga lima menit daya berpikir karyawan diuji untuk menyelesaikan masalah ini.

Sebenarnya tidak hanya Microsoft saja yang menuntut seorang penjawab untuk berpikir keras. Iklan Google yang sempat populer beberapa tahun lalu yang meminta seseorang menemukan halaman web yang menggunakan bilangan prima terbesar sebagai kunci akses.

lalu jika anda berada di kursi panas saat akan diwawancara Microsoft dan diminta selama tiga menit menjawab pertanyaan "bagaimana cara memindahkan Gunung Fuji?" apakah jawaban anda? Kalau saya sih yang kebayang...
  1. Bergeser dari posisi anda berdiri maka Gunung Fuji telah berpindah
  2. Pergi ke kantor pos lalu ganti alamat Gunung Fuji
  3. Iris alas Gunung Fuji lalu beri roda sehingga bisa didorong
  4. Diam saja, maka Anda mengamati Gunung Fuji sedang digeser oleh Lempeng tektonik
  5. Ganti standar koordinat geografi dunia 
  6. Ganti IP address Gunung Fuji
  7. Any ideas?
Terinspirasi setelah membaca buku "How Would You Move Mount Fuji".

Comments

Popular Posts