Bagian Empat: Posisi Merek

Walaupun jargon berwana putih yang ada di dalam kotak hijau berbeda dari jargon yang lazim digunakan pada iklan Benetton lainnya namun inerpretan yang berpengalaman tentu tetap akan terarah pikirannya pada merek Benetton. Adapun isi jargon merupakan petunjuk tentang kejadian yang dialami oleh kedua perempuan yaitu telah terjadi kekerasan di lingkungan keseharian mereka. Isi jargon juga merupakan parodi dari jargon iklan Benetton sebelumnya. Warna hijau terang yang biasa digunakan Benetton tetap dipertahankan. Supaya warnanya cukup menarik perhatian maka warna pada elemen lainnya dipertahankan tidak lebih terang dari warna hijau pada kotak.


Jika interpretan adalah seorang yang tidak berpengalaman dengan iklan Benetton, interpretan masih diberi kesempatan untuk memahami merek dagang ini, pembuat iklan telah mmberikan teks berukuran kecil pada bagian kiri bawah foto bertuliskan “ISSUED IN PUBLIC INTEREST BY UNITED COLORS OF BENETTON.”. Jadi iklan ini sebenarnya tidak ingin lepas sepenuhnya dari merek yang mereka tawarkan. Untuk mempertahankan point of interest, petunjuk ini sengaja dibuat sekecil mungkin pada pojok yang tidak begitu menarik.

Pesan kekerasan dalam lingkungan lokal pada iklan Benetton masih terbatas pada kekerasan pada perempuan muda. Hal ini memang wajar karena perempuan selalu dijadikan ikon untuk kelemahan. Kenyataannya kekerasan tentu saja tidak hanya terjadi pada perempuan muda saja, kekerasan bisa terjadi pada anak kecil atau juga remaja. Pada tingkat usia lainnya kekerasan tentu saja masih terjadi. Kemudaan dan kecantikan yang tersembunyi di balik wajah luka kedua perempuan dalam iklan ini ternyata juga dijajakan sebagai daya tarik bagi yang melihat iklan.

Comments

Popular Posts