Selamat datang di dunia AXIS


AXIS (dibaca: aeksis) adalah operator selular baru di Indonesia. Pertama kali hadir di Surabaya dan Malang sekitar sebulan yang lalu dan di Bandung 5 April 2008. Hari ini saya berkesempatan mencoba operator baru ini.

Pertamanya saya kesulitan mendapatkan perdana AXIS di BEC karena tidak ada satu konter pun yang menyediakan perdana AXIS. Akhirnya saya langsung menuju ke konter resmi AXIS dan saya langsung membeli paket perdana seharga Rp 6000 dengan pulsa Rp 6000 termasuk di dalamnya.

Melihat paket perdana AXIS pasti langsung terasa bahwa seluler ini mengkhususkan diri pada pasar anak muda. Dugaan saya tidak salah karena ketika melakukan aktivasi perdana mesin operator akan memulai sapaannya dengan kata "hai.." kemudian mesin operator menyapa pelanggannya dengan kata "kamu". Aktivasi kartu sangat mudah sebagaimana proses aktivasi pada kartu seluler lain.

Ketika melakukan aktivasi di kos-kosan (daerah Tubagus Ismail) saya mendapatkan siyal yang penuh dan stabil, lumayan untuk sebuah operator baru. Settingan GPRS dapat dilakukan dengan mudah setelah mengikuti petunjuk manual dari website AXIS. GPRS berjalan dengan lancar.

Dari segi tarif, AXIS menerapkan sistem tarif yang sederhana. Tarif AXIS adalah:
SMS Rp 60 ke semua operator,
tarif panggilan Rp 60 per menit untuk sesama AXIS,
tarif panggilan lokal Rp 600 per menit ke operator lain
tarif panggilan interlokal Rp 1200 per menit ke operator lain,
tarif MMS Rp 600 per 100 kb.
Pengitungan tarif panggilan adalah untuk 15 detik.

Gitu doang? Sebentar, perhatikan ini: gratis akses data 100 MB per bulan yang berlaku s.d. 31 Mei 2008. Luar biasa untuk seorang mahasiswa hehehe... Koneksinya agak lambat dan rada byar-pet, mungkin masih bisa dimaklumi karena masih dalam masa promosi.

Tentu saja kita udah bosan dengan aktivitas perang tarif antar operator yang mulai tidak jelas (yaitu tarif zigzag, berubah pada siklus tertentu, simPATI pede malah semakin mahal). AXIS menerapkan tarif simpel dan lumayan murah tidak hanya ke sesama AXIS tetapi juga ke operator lain. Marketing yang menarik.

Sebagai pendatang baru tentunya AXIS berharap dapat merebut sedikit kue dari operator tradisional. Kalau boleh saya kasih usul, coba AXIS melakukan elaborasi untuk layanan transfer data murah melalui GPRS. Pengguna muda tentunya sangat tertarik dengan fitur seperti ini. Dengan menggratiskan akses data hingga Mei pastinya akan menarik hati pengguna muda yang tentunya sangat membutuhkan akses internet MURAH.

Hingga saat ini tarif GPRS termurah ada di tangan IM3 dan Mentari yaitu Rp 1 per kB. operator lain sepertinya jauh-jauh-jauh lebih mahal, XL kalau tidak salah Rp 5 per kB, dan Simpati Rp 12 per kB (what the heck!!!). Jika AXIS menawarkan tarif data murah maka dipastikan akan lebih banyak pengguna muda yang beralih ke AXIS.

Operator seluler tentu harus memperhatikan bahwa dengan semakin canggihnya teknologi telepon genggam maka semakin orang berpikir untuk memaksimalkan penggunaannya. Amat disayangkan akses data menggunakan perangkat telepon genggam masih terhalang dengan tingginya tarif data (terutama untuk telkomsel dan XL). Transfer data melalui GPRS adalah samudera biru yang masih belum dijajl oleh operator seluler. Padaal bisa dibayankan berapa juta orang ang nantinya akan menggunakan layaan ini secara kontinu jika gerbang tarif murah sudah dibuka, AXIS harus bisa melihat peluang ini. Atau gratis akses 100 MB hingga Mei hanya sekedar promosi? Setelah itu tarif GPRS AXIS kembali mahal? Kalau gitu, pasti saya akan buang kartu AXIS saya setelah masa promosi habis.

Comments

Kalau pengalaman teman saya (pakai f***i), pada saat promosi cuueepet bener tetapi saat sudah tidak promosi yah berkurang kualitas layanannya. Sedikit berbeda dengan pengalaman kang anton :)

Bisa karena beda produk atau mungkin masih dalam setting awal yang perlu banyak pengembangan.
Kemal Adiyaksa said…
setuju buat mas anton,,saya pake axis cuma buat jadi modem internet aja di pc itu jg berhubung gratisan klo nanti tarifnya sama kaya im3 yang 1/kb sih axis bisa jadi pilihan,,emang sih saya pake telkomsel buat komunikasi,tp klo internetan pake telkomsel bisa ga makan 2 hari,,cuma mau ngasih saran aja neh ati2 sama program simpati PeDe,,itu cuma bualan telkomsel untuk narik keuntungan,,yang ada tarif simpati jd lebih mahal,,
Anton William said…
> trying to be someone
Bener juga ya mas Ding, kali aja karena lagi promosi. Sepertinya kita sudah kenal pola operator seluler di Indonesia :). Sayangnya ga semua pelanggan melihat pola tersebut. :))

> shoot
Sama dong, saya juga mash pakai Simpati. BTW tarif data AXIS sudah pasti Rp 1/kb. Lha, gimana mau bersaing? Tarifnya sama dengan IM3, Rp 1/detik, padahal IM3 jaringannya lebih luas. PeDe emang menipu, bener-bener dah. Kayaknya pelanggan sengaja di pinpong antara PeDe dan Ekstra, khan biaya perpindahannya sangat menguntungkan bagi
Telkomsel. Coba Indonesia menerapkan sistem bebas migrasi, jadi pelanggan bisa ganti operator dengan tetap memakai nomor yang sama... :)

Popular Posts