Makalah, Makalah, Makalah, Makalah, Makalah, Makalah

Saya tidak menyangka kalau di akhir semester ini nyaris semua mata kuliah yang saya ikuti mewajibkan peserta kelas untuk membuat paper. Ada lima matakuliah yang saya ikuti semester ini, semuanya adalah kuliah 2 SKS! Jadi ada lima makalah yang harus saya buat. Belum lagi ada acara Seminar Sehari Astronomi, rencananya moderator milis astronomi_indonesia mau mengirimkan makalah dan membuat satu poster (belakangan juga diminta buat presentasi oral, d'oh).

Makalah yang jatuh deadline pertama adalah makalah mata kuliah Politik dan Tata Pemerintahan. Saya memilih topik Pemanasan Global dan Peran Pemerintah Republik Indonesia. Dalam makalah ini saya menyampaikan beberapa isu penting mengenai pemanasan global, penyebab dan akibat, lalu saya akhiri dengan kritik terhadap kebijakan yang telah dilakukan oleh pemerintah RI.

Makalah berikutnya adalah makalah yang akan disajikan pada Seminar Sehari Astronomi. Makalah ini dibuat oleh moderator astronomi_indonesia. Kesepakatan mengenai pengiriman makalah hanya satu minggu sebelum pengiriman abstrak. Pembuatan abstrak dan makalah kami buat secara online (chatting dan email, bok). Unik sekali, karena ini kali pertama saya membuat makalah kelompok tanpa melakukan tatap muka.

Dua berikutnya sama sekali belum saya kerjakan karena baru diberitahukan pada minggu ini. Kuliah Manajemen Sumber Daya Manusia mengharuskan makalah tentang pengelolaan sumber daya manusia dalam sebuah perusahaan. Sementara itu kuliah Metoda Berpikir Kreatif juga mewajibkan makalah tentang inovasi hasil kreasi sendiri. Dua makalah ini harus dikumpulkan minggu depan.

Terakhir adalah untuk kuliah di Program Studi Seni Rupa. Kuliah Semiotika meminta mahasiswanya untuk mengaji objek semiotika. Kuliah Sejarah Peradaban Islam meminta makalah kelompok yang membahas topik apapun dalam sejarah peradaban islam. Abstraksi untuk makalah SPI harus dikumpulkan hari Jumat ini.

Comments

Anonymous said…
Selamat menikmati...:-)
Anton William said…
Juga buat Anda. :))
Anonymous said…
Wew... kuliahnya asyik-asyik boi...
Di Unand mah kagak ada kuliah macam begitu buat anak eksakta. Mau dijadiin kuli sains anak sini mah...
Anton William said…
Kuliahnya asyik memang. Ah belajar apapun nantinya juga naga-naganya dijadiin kuli sosial. Selalu ada kepentingan yang lebih besar toh yang mengendalikan kita? :D, just a thought :(.

Popular Posts